Pages

Rabu, 03 April 2013

Kisah Sukses Pengusaha Muda

Pengusaha Muda kali ini menceritakan seorang pemuda berusia 18 tahun yang sukses dari   bisnis teh kemasan siap saji.  Usaha ini banyak diminati dikarenakan keuntungan yang lumayan besar, dan pembuatannya pun juga tidak sulit. Victor Giovan Raihan seorang pelajar umur 18 tahun dari kota Kepanjen Malang yang kini sukses dari jualan teh racikannya sendiri.
Bermula dari iseng-iseng bikin minuman yang memadukan teh dengan susu fermentsi, tak disangka didapat hasil minuman yang ‘mak nyus’, dan digemari banyak orang. Kini meracik teh plus yoghurt menjadi kegiatan tiap hari sehabis pulang sekolah.
Diawali dengan modal Rp 3 juta pinjaman dari orangtua, kini per outlet paling sedikit bisa menghasilkan Rp 2 juta-an per bulan. Ide nama Teh Kempot berawal dari cara orang meminum teh kemasan tersebut dengan sedotan, jika minumannya terasa enak, sampai habis pun pasti orang akan terus menyedotnya sampai bentuk pipinya kempot. Nah.. akhirnya dinamakan Teh Kempot…
Victor Giovan Raihan yang masih duduk dibangku SMA Negeri 1 Kepanjen, kini sudah memiliki 10 outlet Teh Kempot  yang dikelola sendiri dan ada juga 17 outlet Teh Kempot lain yang dikelola oleh beberapa mitranya. Untuk bisa bermitra dengannya cukup bayar Rp 3,5 juta dengan fasilitas 1 paket booth gerobak, peralatan masak dan 100 gelas kemasan pertama. Outletnya tidak hanya tersebar di daerah Kepanjen atau Malang saja. Ada dua mitra yang berada di Jakarta dan Palembang.
Saat ini Victor belum berani memfranchisekan produk tehnya. Disamping masih sangat pemula, dengan system kemitraan ini marjin keuntungannya bisa 350 persen. Jika dibandingkan kuliner lain seperti, Bakso Mercon yang juga ia kelola, keuntungannya hanya 100 persen.
Awalnya memang Victor lebih dulu jualan bakso sebelum jualan teh yoghurt. Kios baksonya baru ada di lima tempat yang semuanya ada di Kota Malang. Pada tahun ini ia ada rencana menambah lima outlet lagi. Berjalan seiringnya waktu, bisnis yang dikelolanya kini berkembang ke bisnis minuman. Alasannya sangat sederhana, jika orang makan bakso biasanya pasti butuh minum.
Untuk ekspansi usahanya, Victor masih belum mau mengajukan kredit ke badan financial manapun. Karena modal pribadi ditambah pinjamam orangtua masih sangat memungkinkan.  Kisah Sukses Pengusaha Muda ini layak kita jadikan referensi sebagai penyemangat. Jika Victor Giovan Raihan yang masih berusia muda saja bisa sukses, kenapa kita tidak?

0 komentar:

Posting Komentar